Ini Tips Usaha Thrifting, Sangat Menggiurkan dan Bikin Cuan

Ini Tips Usaha Thrifting, Sangat Menggiurkan dan Bikin Cuan

Thrifting adalah kegiatan membeli pakaian bekas dengan harga yang murah dan kondisi pakaian yang masih bagus. Usaha Thrifting sudah ada sejak dulu, banyak gerai yang menjual pakaian besar yang bisa ditemui di pasar atau tempat lain.

Apa itu Usaha Thrifting?

Thrift dalam bahasa Indonesia memiliki arti hemat. Bila diartikan dalam dunia bisnis, thrifting berarti upaya dalam menjual barang bekas dengan kualitas yang masih sangat bagus. Hal ini karena barang tersebut baru digunakan beberapa bulan saja.

Usaha Thrifting tidak hanya dilakukan di dunia online, tetapi bisa ditemukan di dunia offline. Biasanya thrift store mudah ditemui di kota yang menjadi tujuan para pelajar atau mahasiswa. Hal ini karena mereka memiliki daya tarik untuk mengikuti trend fashion tertentu.

thrifting

DOWNLOAD APLIKASI KASIR Usaha Thrifting – ITBrain POS Gratis, Klik Disini!!

Tips Memulai Usaha Thrifting!

  1. Membuat Rencana Bisnis Untuk Usaha Thrifting

Membangun sebuah bisnis dengan business plan yang matang. Tujuannya tak lain agar semua berjalan seusai dengan rencana, termasuk untuk Usaha Thrifting ini.

  1. Tentukan Target Pasar dan Produk yang Akan Dijual

Ada banyak produk thrift shop yang bisa kamu jual, antara lain:

  • Pakaian

Teman-teman bisa memilih produk pakaian saat memulai usaha hemat ini. Ada banyak jenis pakaian seperti kemeja, jaket, celana jeans hingga kaos. Pastikan bahwa pakaian itu memiliki merk agar nilai jualnya tinggi meskipun barang bekas pakai.

  • Jam Tangan

Jam tangan premium dengan merk ternama bisa dijadikan salah satu produk barang bekas yang bisa kamu jual. Bila modal yang kamu gunakan hanya sedikit, teman-teman bisa menjual jam tangan lokal bekas pakai.

  • Tas

Tas pun sering diperjual-belikan dalam usaha hemat ini. Semakin terkenal dan bagus merek yang dijual, tas yang kamu jual akan semakin tinggi harganya.

  • Sepatu

Kamu bisa menjadikan para sneakerhead sebagai target pasarmu. Pasalnya mereka terbilang gemar dalam membeli dan mengoleksi sepatu-sepatu limited edition.

  1. Cari Supplier yang Tepat Untuk Usaha Thrifting

Selanjutnya menemukan supplier yang tepat utuk memenuhi kebutuhan stok barang. Sebenarnya, kamu bisa mencari sendiri barang bekas yang akan kamu jual dengan hemat, misalnya ke Pasar Cimol Gedebage Bandung, atau Pasar Senen Jakarta.

  1. Memeriksa Kondisi Fisik dan Kebersihan Barang Bekas

Kondisi barang dalam Usaha Thrifting ini juga harus dipastikan kelayakannya. Termasuk juga kebersihan barang karena sangat mempengaruhi suksesnya Usaha Thrifting. Produk-produk bekas yang dijual dalam keadaan yang baik akan memberikan kesan positif.

  1. Pilih Produk Bermerek

Dalam Usaha Thrifting, produk bermerek ternama akan mudah terjual, sebab sudah memiliki nama dan terkenal. Barang bermerek itu umumnya memiliki nilai prestise bagi pelanggan, mulai dari pakaian, tas, atau sepatu. Bebas merk yang populer di Indonesia agar bisa dijual dengan harga tinggj.

  1. Buat Nama Brand Usaha Thrifting dan Logonya

Meskipun menjual barang bekas, tapi kamu bisa menambahkan label, stiker, atau thank you card dengan nama dan logo brand kamu. Selain untuk memperkenalkan brand kamu, hal ini juga bisa membuat pembeli merasa seperti beli baju baru.

  1. Buatlah Foto Produk

Buatlah foto-foto produk Usaha Thrifting teman-teman untuk memasarkan produk secara online. Gunakan background terang agar hasil foto produkmu lebih jelas dilihat oleh konsumen, termasuk foto detail tertentu. Bisa juga dengan menggunakan model saat foto produk ini sehingga konsumen tahu produkmu ketika dipakai di badan.

  1. Tentukan Harga Jual Produk Usaha Thriftingmu

Agar bisnis berjalan denga lancar, kamu perlu mengetahui cara menghitung harga jual dengan baik. Tentunya agar bisa memperoleh keuntungan. Kalau dijual terlalu murah, kamu tidak akan mendapat keuntugan, tapi kalau dijual terlalu mahal, nanti barangnya tidak akan ada yang ingin dibeli.

  1. Pasarkan Produk

Setelah foto produk dan harga barang sudah ada, saatnya memasarkan produknya. Kamu bisa menjuanya di berbagai media online. Misalnya, di Instagram, TikTok Shop, Facebook Marketplace, dan memasukannya ke e-commerce.

  1. Buat Strategi Pemasaran yang Tepat

Usaha Thrifting bisa jadi cuan jika disertai dengan strategi pemasaran yang tepat. Strategi pemasaran ini bisa kamu sesuaikan lagi dengan target market dan media jualan yang kamu pilih. Misalnya, target marketnya anak muda usia 20 tahunan, media sosial seperti instagram dan tiktok bisa jadi media promosi yang tepat karena itu adalah media yang paling sering diakses oleh mereka.

  1. Temukan Lokasi Strategis Untuk Toko Offline

Teruntuk teman-teman yang ingin membuka toko offline Usaha Thrifting ini, temukan lokasi yang strategis dan ramai dikunjungi calon konsumen. Lokasi ini diantaranya dekat dengan pusat dunia dan kampus, bisa juga di lingkungan rumah sendiri.

  1. Lakukan Secara Efektif

Lakukan pula secara promosi secara efektif dan efisien degan membuat iklan di media sosial dan marketplace untuk meningkatkan penjualan pada bisnis. Sahabat juga bisa bekerja sama dengan para influencer untuk menarik minat konsumen, termasuk juga memberikan promosi menarik seperti potongan harga, giveaway, cashback, bundling harga, dan lain-lain.

  1. Konsisten

Konsistensi dibutuhkan ketika menjalankan Usaha Thrifting. Sikap ini dibutuhkan mulai dari belanja, foto barang, edit foto, mengurus media sosial, penjualan, hingga pembukuan. Tak hanya dari proses pembelian, konsistensi pun dibutuhkan dalam mengelola media sosial mengingat penjualan dilakukan barang-barang baru hingga interaksi dengan para pembeli.

thrifting

Bagi teman-teman yang akan memulai Usaha Thrifting ini, teman-teman bisa mulai menentukan terlebih dahulu modal untuk menentukan beberapa hal yang telah disebutkan di atas sebagai persiapannya. Teman-teman juga bisa menentukan sistem penjualannya seperti, kasir. Untuk membantu tugas seorang kasir anda bisa menggunakan Aplikasi Kasir. Nah, kali ini admin akan memberikan rekomendasi Aplikasi Kasir nih, yaitu ITBrain Pos. Apa itu ITBrain Pos?

ITBrain POS merupakan aplikasi berbasis PC yang dapat mendongkrak tenaga operasional Anda yang tadinya berjalan secara manual menjadi bergerak secara digital

Sesuai dengan namanya, melalui aplikasi ini Anda dapat memanajemen aspek penting dalam sebuah toko, misalnya saja seperti mendata supplier, membuat kategori barang dan merek, menginput data barang beserta satuannya. Bahkan sampai mendata pekerja yang ada di bawah naungan perusahaan Anda, dan hal itu masih belum semuanya karena masih ada beberapa fitur lain dari Software Toko ITBrain POS yang dapat Anda gunakan sesuai dengan bidang usaha penjualan jasa maupun retail yang Anda tekuni.

Anda bisa mendownload aplikasi ini secara GRATIS . Dan bisa dicoba sepuasnya. Jika anda penasaran silahkan klik dibawah ini :

DOWNLOAD APLIKASI KASIR TOKO – ITBrain POS Gratis, Klik Disini!!

Sekian informasi yang kami berikan, semoga dapat membantu pengetahuan anda jika ingin membuka Usaha Thrifting.