Usaha Laundry : Jenis dan Tips Memulai

Usaha Laundry : Jenis dan Tips Memulai

Apa Itu Laundry?

Usaha laundry adalah usaha yang bergerak di bidang jasa cuci dan setrika. Laundry dapat juga diartikan sebagai kegiatan mencuci pakaian atau bahan tekstil lainnya dan juga sebagai sebuah tempat untuk mencuci pakaian atau bahan tekstil lainnya. Di artikel ini admi akan membahas jenis laundry dan tips untuk memulai usaha laundry.

Jenis Laundry

  1. Laundry Kiloan

Laundry kiloan adalah jasa laundry yang menghitung kuantitas pakaian berdasarkan satuan kilogram. Jenis laundry ini cocok untuk pencucian pakaian dalam jumlah banyak, misalnya pakaian sehari-hari yang dikumpulkan selama satu minggu.

Hingga awal tahun 2022, jasa laundry kiloan menetapkan harga sebesar Rp 6.500 hingga Rp 9.000 per satu kilogram pakaian.

Kelebihan Laundry Kiloan:

  • Harganya lebih terjangkau dibandingkan laundry satuan sehingga membuat Anda bisa tetap berhemat. Pencucian juga bisa menggunakan inovasi detergen seperti Laundry pods.
  • Prosesnya lebih cepat dibandingkan laundry satuan karena seluruh pakaian Anda akan selesai dicuci dan disetrika secara bersamaan. Rata-rata pewangi laundry juga lebih awet daripada pewangi detergen biasa.

Kekurangan Laundry Kiloan:

  • Penyedia jasa laundry ini biasanya hanya menyediakan layanan kiloan untuk baju yang dilipat. Sedangkan baju yang harus digantung biasanya dihitung secara satuan.
  • Pakaian Anda akan langsung dicampurkan dalam satu mesin cuci sehingga pihak laundry tidak fokus membersihkan noda pada pakaian tertentu.

DOWNLOAD APLIKASI KASIR Laundry ANDROID –  Gratis, Klik Disini !!

jenis laundry

  1. Jenis Laundry Coin

Untuk yang satu ini, kamu perlu modal yang cukup banyak untuk menyediakan mesin cuci dalam jumlah banyak pula. Namun sisi baiknya, kamu bisa ikut menjual berbagai kebutuhan laundry, seperti detergen, pewangi, kantong laundry, dan sebagainya. Konsep laundry koin, yaitu self-service. Artinya, pelanggan mencuci sendiri bajunya dengan mesin cuci yang kamu sediakan. Mereka perlu memasukkan koin agar mesin cuci dapat berjalan.

  1. Laundry Retail

Usaha laundry berbentuk bisnis retail biasanya lebih serius dalam hal membersihkan pakaian. Serius dalam hal ini maksudnya usaha laundry jenis ini mampu untuk membersihkan pakaian yang butuh penanganan khusus. Laundry retail cenderung lebih besar ketimbang landry kiloan dan menawarkan jasa dry cleaning. Jika ada noda pada kain yang sulit untuk dibersihkan, usaha laundry jenis ini bisa memberikan solusi dengan keahlian dan peralatan khususnya. Laundry retail sering kali memiliki sejumlah cabang di beberapa kota, bahkan berbentuk franchise.

  1. Laundry Konvensional

Kategori laundry pertama adalah binatu konvensional, yaitu jenis binatu yang paling sering ditemukan karena memiliki beragam target menyasar berbagai macam kalangan dengan masing-masing jenis service spesifik. Contohnya jika ada yang ingin mencuci secara lebih detail dalam penanganannya. Tentu harganya akan tergantung dari kerumitan dan kesulitan service yang digunakan. Karena penawaran harga terbilang tinggi, maka membuka jenis laundry ini juga dibutuhkan modal lebih besar.

  1. Laundry Bisnis

Laundry bisnis menyediakan jasa binatu untuk sebuah usaha, atau korporasi. Umumnya pelanggan binatu bisnis adalah perusahaan untuk mencuci seragam karyawannya. Untuk membuka jenis laundry ini dibutuhkan modal besar, karena perusahaan yang menggunakan jasa ini membutuhkan mesin-mesin cuci secara bersamaan.

  1. Dry Cleaning

Dry cleaning (cuci kering) adalah metode pencucian tanpa menggunakan air sama sekali. Sebagai gantinya, proses dry cleaning menggunakan cairan solvent berupa perkloroetilena (PCE) atau tetrakloroetilena untuk membersihkan kotoran pada pakaian.

Kelebihan Jenis Laundry Dry Cleaning:

  • Cocok untuk merawat jenis pakaian tertentu yang butuh penanganan khusus, misalnya gaun, jas, kebaya, dan pakaian tradisional.
  • Pakaian lebih awet dan tidak gampang kusut karena tidak terkena air ketika dicuci.
  • Prosesnya ramah lingkungan karena cairan solvent bisa didaur ulang untuk digunakan kembali.

Kekurangan Jenis Laundry Dry Cleaning:

  • Harganya jauh lebih mahal dibandingkan jenis-jenis laundry lainnya.
  • Proses operasional mesinnya membutuhkan daya listrik besar.
  • Sekarang tidak banyak jasa laundry yang menyediakan layanan dry cleaning.
  1. Jenis Laundry On Demand

Satu jenis laundry lagi yang patut andakenali adalah laundry on demand. Secara sederhana, laundry on demand dapat didefinisikan sebagai jasa laundry yang memfasilitasi anda dengan aplikasi khusus. Saat Anda sudah menyiapkan pakaian kotor untuk dicuci, Anda tinggal menghubungi penyedia jasa laundry via aplikasi supaya pakaian tersebut lekas dijemput.

Kelebihan Laundry On Demand:

  • Sangat praktis bagi Anda yang sibuk hingga tak sempat keluar rumah atau baru pindah ke rumah baru sehingga kurang mengenali lingkungan sekitar.
  • Membuat Anda tak perlu repot mengangkut sendiri pakaian kotor ke lokasi laundry.

Kekurangan Laundry On Demand:

  • Harganya lebih mahal dibandingkan laundry kiloan karena anda akan dikenakan biaya penjemputan dan pengantaran.
  • Layanan laundry ini sulit diakses jika anda sedang mengalami gangguan koneksi internet.
  1. Jenis Laundry Hotel

Jenis laundry selanjutnya adalah binatu hotel, kategori ini merupakan bentuk kerjasama dengan pihak sebuah hotel, mulai dari mencuci bed cover, sprei, handuk, dan keperluan hotel lainnya. Jenis laundry ini juga cukup berpotensi menguntungkan. Nah, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja laundry yang digunakan oleh pelanggan, karena setiap jenis laundry memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

  1. Jenis Laundry Self Service

Laundry self service adalah jasa laundry yang mengharuskan Anda mengurus sendiri pakaian kotor di tempat laundry. Penyedia jasa laundry hanya memfasilitasi Anda dengan mesin cuci satu tabung dan air bersih sehingga Anda wajib mengangkut sendiri pakaian kotor dan deterjen yang akan digunakan. Jenis laundry ini sangat populer di luar negeri dan biasanya menggunakan sistem koin untuk mengoperasikan mesin cuci.

  1. Jenis Laundry Industri

Jenis usaha ini melakukan aktivitas laundry dalam partai besar. saja pelanggannya? Tentu saja bisnis-bisnis besar seperti industri, perhotelan, rumah sakit, dan sebagainya. Terdapat sejumlah bisnis atau industri besar yang tidak mampu membuat in-house laundry, atau divisi khusus yang menangani laundry di perusahaannya. Mereka cenderung mengandalkan vendor dari luar untuk melakukannya.Setelah tahu berbagai jenis laundry, kamu sudah bisa mempertimbangkan usaha laundry apa yang mau kamu mulai. Tentu, faktor besaran modal juga menjadi bahan pertimbangan. Namun, jenis apa pun usaha yang mau kamu mulai, tentu ada sejumlah tahapan yang harus dilalui untuk mendirikannya. Berikut ini cara memulai usaha laundry.

DOWNLOAD APLIKASI KASIR Laundry ANDROID –  Gratis, Klik Disini !!

usaha laundry

Tips Memulai Usaha Laundry

1. Pilih Nama dan Buat Logo

Hal paling menyenangkan dari memulai bisnis, yaitu menentukan nama dan membuat logo. Pastikan nama usaha laundry-mu unik dan mudah diingat. Nama juga harus dapat mendeskripsikan usahamu sehingga pelanggan dapat mengasosiasikannya terhadap jenis usahamu. Begitu juga dengan logo yang harus dapat menggambarkan jenis usahamu.

2. Buat Perencanaan Bisnis

Buatlah perencanaan bisnis yang jelas sejak awal. Tentukan peralatan apa saja yang akan kamu beli atau sewa. Hitung perkiraan biaya operasional, lalu tentukan tarif jasa laundry. Buat juga bagaimana strategi pemasaran usaha laundry-mu.

3. Tentukan Lokasi

Penentuan lokasi sangat penting. Pastikan tempat usahamu dekat dengan orang-orang yang memang membutuhkannya dan mendapat sumber air yang lancar. Orang cenderung mencari tempat laundry yang dekat dengan lokasi mereka, karena setiap minggu ada saja cucian yang harus diurus. Namun, kamu bisa juga menyiasati perkara lokasi dengan menawarkan jasa antar jemput laundry hingga depan pintu rumah pelanggan.

4. Beli Peralatan yang Sesuai

Laundry merupakan usaha yang membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang cukup banyak. Selain mesin cuci dan setrika, kamu membutuhkan detergen serta pewangi pula. Jika kamu menawarkan jasa dry clean, kamu juga butuh peralatan khusus. Perlengkapan lain yang kamu butuhkan antara lain timbangan, keranjang laundry, plastik kemasan laundry, bon, dan sebagainya.

5. Mendaftarkan Usaha

Ini tahap yang paling penting. Jangan sampai tempat usahamu jadi usaha ilegal dan mengundang urusan hukum di kemudian hari. Uruslah sejumlah izin usaha ke instansi terkait. Izin usaha itu berupa SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan SITU (Surat Izin Tempat Usaha). Ada pun kamu perlu membuat surat pernyataan yang menyatakan usahamu tidak akan mengganggu lingkungan sekitar. Hal ini perlu dilakukan jika usahamu berlokasi dekat perumahan. Jika kamu memiliki usaha laundry skala besar, seperti laundry industri, kamu juga perlu mengurus Izin Pembuangan Air Limbah.

6. Lakukan Pemasaran

Setelah semua tahapan dilakukan dengan tepat, selanjutnya adalah menerapkan strategi pemasaran yang sudah kamu rencanakan. Sambil melakukan promosi, kamu bisa mengevaluasi pemasaran seperti apa yang tepat untuk memajukan usahamu.

Dari artikel di atas anda telah mengetahui jenis landry dan dan tips memulai usaha laundry. Ilmu tersebut cukup berguna untuk anda yang ingin memulai usaha laundry dari nol. Jika anda memulai usaha laundry pastinya anda akan mempertanyakan banyak hal seperti, Siapa yang akan jadi kasir?, Siapa yang akan mencatat pengeluaran dan pemasukan? Siapa yang akan menghitung stok sabun yang anda miliki?. Tenang saja anda bisa melakukan itu semua sendiri. Tapi jika dilakukan sendiri pasti akan kesulitan bukan?. Jika dirasa anda kesulitan melakukan semua itu anda bisa menggunakan aplikasi kasir digital. Sudah banyak aplikasi kasir digital ini digunakan untuk menunjang pekerjaan seseorang menjadi lebih mudah. Salah satu aplikasi kasir tersebut bernama ITBrain POS. Apa itu ITBrain POS?

ITBrain POS merupakan aplikasi berbasis PC yang dapat mendongkrak tenaga operasional Anda yang tadinya berjalan secara manual menjadi bergerak secara digital.

Sesuai dengan namanya, melalui aplikasi ini Anda dapat memanajemen aspek penting dalam sebuah toko, misalnya saja seperti mendata supplier, membuat kategori barang dan merek, menginput data barang beserta satuannya. Bahkan sampai mendata pekerja yang ada di bawah naungan perusahaan Anda, dan hal itu masih belum semuanya karena masih ada beberapa fitur lain dari Software Toko ITBrain POS yang dapat Anda gunakan sesuai dengan bidang usaha penjualan jasa maupun retail yang Anda tekuni.

Anda bisa mendownload aplikasi ini secara GRATIS. Dan bisa dicoba sepuasnya. Jika anda penasaran silahkan klik dibawah ini :

DOWNLOAD APLIKASI KASIR Laundry ANDROID –  Gratis, Klik Disini !!

Sekian informasi yang kami berikan, semoga dapat membantu pengetahuan anda jika ingin membuka Usaha Thrifting.

-Salam Sukses-